Cara Edit Blog Supaya Tampil Menarik

Cara Edit Blog Supaya Tampil Menarik

Bagi pemula  atau awam seperti saya, cukup kepusingan bagaimana cara edit blog. belum lagi disaat mengedit blog kita harus berhadapan dengan coding php, html, javascript dan css.

Yang tentunya coding tersebut untuk mempercantik blog supaya tampil menarik.

Jadi tidak heran muncul pertanyaan seputar cara edit blog.

Sebagai contoh seperti ini :

"Bang bagaimana cara edit blog supaya tampil menarik?"

"Bang bagaimana cara mengedit blog terutama templatenya?"

"Bang gimana mengatur tata letak dan cara edit blog supaya bagus?

Dan masih banyak pertanyaan - pertanyaan yang muncul seputar bagaimana cara edit blog.

Nah kali ini saya ingin berbagi mengenai cara edit blog. tadi di atas telah di  singgung bahwa edit blog cukup jelimet bagi pemula. namun akan coba saya jelaskan perlahan - lahan dan secara mendetail. sehingga, sahabat sekalian dapat memahami tata cara edit blog.

Dan satu lagi blog yang di edit disini merupakan blogger.

Saya harap sahabat sekalian dapat memodifikasi blognya menjadi keren sekeren yang punyanya.

cara-edit-blog
Sumber : www.techora.net

Yuk langsung saja disimak Cara Edit Blog Supaya Tampil Menarik

Memahami Struktur Template Sebelum Edit Blog

Pertama yang perlu sahabat lakukan adalah memahami struktur template.
memahami struktur template merupakan hal yang penting. sebab dengan memahami struktur template dari sebuah blog sahabat akan lebih mudah mengedit blog nantinya.

Mengapa akan lebih mudah? karena setelah memahami struktur template sudah dipastikan akan mengetahui bagian mana saja yang perlu di edit. jangan sampai nantinya mengedit blog di bagian yang memang tidak di perlukan.

Setidaknya ada empat bagian dalam sebuah template.

1. Header

Header Merupakan bagian teratas dalam sebuah template didalam header terdiri dari beberapa bagian diantaranya :

  • Judul dan deskripsi blog
  • Search box
  • menu blog (Navigasi)
  • Social bookmark
untuk judul blog sudah dipastikan sebuah blog memiliki judul. namun, terkadang untuk deskripsi ada yang sengaja disembunyikan atau tidak ditampilkan dengan alasan tertentu. termasuk blog saya ini.

Search box merupakan bagian yang penting. dimana dengan adanya search box akan memudahkan pengunjung blog dalam menelusuri setiap konten yang ada didalam blog. akan tetapi tidak setiap blog memposisikan search blog di header.

Menu blog atau navigasi, sudah dipastikan hampir setiap blog memiliki menu atau navigasi. yang mana tujuannya untuk memudahkan pengunjung dalam menelusuri konten yang ada di dalam sebuah blog.
Social bookmark berisi tentang informasi social media pemilik sebuah blog. mulai dari Instagram, Youtube, Facebook dan lain sebagainya.

namun tidak semua blog memiliki social bookmark dan tidak melulu harus berada di bagian header.

2. Post

Bagian post merupakan tempat dimana konten yang ditulis akan dimunculkan dan diperlihatkan. ketika sahabat menulis sebuah konten dan menguploadnya maka yang ditulis dan di upload akan ditampilkan di bagian post.

Di bagian post ini seorang pembuat konten atau publisher dapat menambahkan asset berupa foto (gambar), video, gif, embed dll.

Didalam sebuah postingan blog terdapat beberapa bagian sedikitnya ada empat bagian sebagai berikut :

  • Judul dan deskripsi konten
  • Ilustrasi gambar
  • Video
Selanjutnya mari kita bahas satu persatu dari empat bagian yang terdapat dalam sebuang postingan blog.

Judul dan deskripsi konten, setiap postingan sudah dipastikan memiliki judul dari postingan tersebut. mustahil rasanya apabila sebuah konten tidak memiliki sebuah judul.

sebab didalam sebuah postingan blog ini telah menjadi sebuah ketentuan setiap post haruslah memiliki judul dan menjadi sebuah identitas dari konten sebuah blog.

Ilustrasi gambar merupakan alat penunjang dari sebuah konten blog. hampir setiap bloger selalu mengikutsertakan ilustrasi gambar.

Video hampir sama dengan ilustrasi gambar, yaitu sebagai alat penunjang dari sebuah post. namun tidak semua blogger mengikutsertakan video. sangat sedikit sekali blogger yang mnyertakan video dalam setiap postingannya. misalkan https://www.yukoding.com dan https://www.sekolahkoding.com/.

3. Sidebar

Sidebar dalam sebuah blog merupakan bagian dari tata letak dari blog. memiliki posisi biasanya di sebelah kanan dan di sebelah kiri. dan bahkan ada juga template blog yang menampilkan keduanya secara bersamaan.

namun menurut saya sidebar yang baik hanya terdapat di satu bagian, mau kanan atau kiri sama saja. semua di kembalikan pada selera sahabat sebagai pengelola dan pemilik blog.

pada bagian sidebar blog biasa ditampilkan beberapa widget, diantaranya sebagai berikut :

  • Search box
  • Profil pemilik blog
  • Arsip blog
  • Populer post
  • Recent post
Search box memiliki fungsi sama halnya dengan search box di header. tadi saya saya sempat menyinggung tentang posisi search box pada bagian header, bawha sebuah search box tidak harus selalu di bagian header dan tidak harus juga berada di sidebar. lalu "dimana seharusnya menempatakna posisi sidebar yang baik?". kedua-duanya saya rasa baik entah mau ditempatkan di sidebar ataupun di header.

Akan tetapi jika sahabat mendownload tema blog dari luar maka rata - rata posisi search box berada di header.

Bagaimana cara mengganti tema blog dengan tema hasil download?. untuk bahasan ini saya akan membahasnya pada bagian selanjutnya.

Profil pemilk blog meperlihatkan tentang pengelola blog dan ditempatkan di sidebar. profil ini saya rasa tidak terlalu penting, hanya lebih menunjukan identitas pemilik blog

Arsip blog memiliki fungsi memperlihatkan konten blog per-periode. misal dal satu bulan sebuah blog telah meluncurkan berapa konten atau post. jadi dengan arsip blog pengunjung bisa melihat jumlah konten yang telah di terbitkan.

Populer post merupakan sebuah widget yang berada di bagian sidebar untuk menampilkan konten yang sering dibaca oleh pengunjung. dari namanya, sebenarnya sudah diketahui widget ini untuk menampilkan konten atau post yang sering dikunjungi.

Recent Post atau dalam bahasa indonesianya post terkini merupakan sebuah feature untuk menampilkan post terbaru dari sebuah blog. tujuan menambahkan recent post untuk memberikan navigasi atau penunjuk kepada pengunjung. bahwa blog bersangkutan memililiki kontent yang baru.

4. Footer

Jika dibagian teratas dinamakan header maka dibagian bawah ada yang disebut dengan namanya footer.

footer atau bagian kaki merupakan bagian paling bawah dalam blog. paling sering di sebuah footer hanya terdapat credit. 

Akan tetapi ada beberapa blog yang menambahkan beberapa widget di bagian footer seperti :
  • Label
  • profil
  • fans page 
  • media sosial 

Label merupakan sebuah kelompok atau sekumpulan konten yang memiliki pembahasan sub tema yang sama. misalkan seperti saya membuat beberapa konten tentang tutorial Bagaimana cara membuat blog gratis di blogger. konten - konten tersebut dapat dikelompokan kedalam satu bagian yang di sebut dengan label.

ketika saya membuat sebuah konten yang membahas tentang blog maka kita bisa membuat label dengan nama blog.

kemudian untuk profil saya kira telah di jelaskan di bagian atas. hanya saja disini hanya berbeda posisi. misalkan yang tadinya berada di sidebar, kemudian ditarik ke posisi footer.

untuk media sosial juga telah sempat dibahas di bagian atas tadi. kurang lebih sama hanya beda posisi saja.

nah kalau untuk fans page biasa memanfaatkan halaman di facebook yang lecananya ditampilkan dalam blog. nanti lain kali saya akan coba membuat cara menampilkan fans page di blog.

Sekarang saya kira sahabat telah memiliki gambaran mengenai struktur template dari sebuah blog.

Cara Edit Blog di Blogger/Blogspot

Nah ini dia sebenarnya inti dari artikel yang saya tulis yaitu, cara edit blog. lah ngapain dari tadi membahas panjang - panjang mengenai struktur template, lalu apa hubungannya?

seperti tadi diceritakan diawal, kenapa saya membahas struktur template blog terlebih dahulu. alasannya supaya sahabat paham bahwa template blog memiliki bagian - bagiannya. sehinggan ketika sahabat mengedit blog templatenya sahabat tidak akan salah edit.

Pada bagian ini baru kita akan membahas cara edit blog yang tujuannya supaya tampil menanrik.

Cara Edit Blog Template di Blogger

  1. Masuk ke www.blogger.com
  2. Pilih blog yang akan di edit
  3. Pada menu bagian kiri, klik template
  4. klik sesuaikan untuk mengedit blog tanpa coding dan untuk klik HTML mengedit blog template dengan masuk kebagian coding.
  5. Pada menu bagian kiri, pilh template, desai latar belakang, lebar blog, tata letak dan tingkat lanjut.
  6. Apabila telah selesai klik terapkan blog.
  7. Apabila ingin melihat hasil desain klik lihat blog.

Di atas merupakan langkah cara edit blog template di blogger. seperti yang disebutkan terdapat dua cara yaitu dengan klik sesuaikan dan klik edit HTML.

Untuk pilihan sesuaikan mengedit blog template tanpa coding sedangkan untuk edit HTML Mengedit blog melalui coding.

Pada bagian selanjutnya saya kan membahas yang paling mudah terlebih dahulu yaitu mengedit blog melalui pilihan sesuikan.

Dimana dalam tahap ini saya akan jelaskan satu persatu.
  1. Template pada bagian ini blog memberikan template bawaanya dan bisa di customize dengan mudah
  2. Latar Belakang merupakan menu yang berfungsi untuk mengganti background blog dan dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan.
  3. Sesuaikan Lebar memiliki fungsi untuk mengatur bagian lebar dari suatu blog dapat disesuikan sesuai keinginan pemilik. 
  4. Tata Letak digunakan untuk mengaturtata letak isi, sidebar, dan footer. bukan hanya di bagian sidebar dapat menmbahkan beberapa widget.
  5. Tingkat Lanjut dengan menu ini sahabat bisamengubah warna judul, deskripsi. serta mengubah ukuran dan warna font judul deskrip dan lain sebagainya.

bisa disimpulkan dalam mengedit blog supaya tampil menarik, sahabat perlu mempelajari struktur template blog supaya sahabat paham stiap tata letak yang kan di edit.

Kemudian untuk edit blog tempalenya terdapat dua cara  yaitu dengan cara susaikan  dan edit html.  akan tetapi disini saya hanya membahas sesuikan saja. dan untuk selanjutnya insya Allah saya akan membahas edit blog dengan menggunakan cara edit html.

No comments