Program Hitung Umur dengan Java

Program Hitung Umur dengan Java



Assalamu'alaikum sahabat
Kali ini saya akan berbagi pembelajaran tentang bahasa pemograman JAVA, namun sebelum kita lanjut pastikan telah memiliki NetBeans IDEA. karena kita akan membuat program hitung umur menggukan bantuan IDEA yaitu NetBeans.

yang dimaksud dengan program hitung umur adalah sebuah program yang memiliki output  berupa umur kamu. dengan inputan berupa  tanggal lahir kamu. 

Jadi ketika sahabat memasukan inputan kedalam program java yang telah dibuat, maka si program akan memunculkan umur sahabat.

contohnya saya memasukan tanggal lahir ke dalam program dengan isian tahun 1995, maka program akan otomatis menampilkan usia saya. 

untuk selengkapnya mari kita simak program hitung umurnya.

Baca Juga Source Code Program Java Menggunakan Array (Larik)

Source code-nya :

program hitung umur dengan java
Source code program hitung umur
l
Penjelasan :
Untuk menentukan tahun sekarang, program ini menggunakan class Calendar dengan methodgetInstance() dengan objek cal. Lalu tahun sekarang dikurang dengan tahun yang user input untuk menentukan umurnya.

Berikut contoh outputnya :


Dari output diatas dapat sisimpulkan bahwa program yang dibuat membaca tahun sekarang dikomputer yang selanjutnya tahun tersebut akan di kurangi tahun inputan.

maka hasilnya yaitu umur user pengguna program hitung umur 

Saya rasa untuk tutorialnya cukup jelas, pada intinya program yang dibuat ini menghitung umur user dengan memasukan tanggal lahir.
Program seperti ini bisa juga dibuat dengan bahasa pemograman selain java. Silahkan explore sendiri.

sekian tutorialnya mudahan dapat membantu.

No comments