Cara Membuat Blog Di Wordpress

Cara Membuat Blog Di Wordpress

Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress - Bagi sebagian orang blog sudah menjadi bagian gaya hidup. dimana, tempat berbagi informasi, cerita keseharian bahkan dijadikan sumber penghasilan.

Di indonesi sendiri pengguna blog berada dikisaran 3,6% dari jumlah pengguna internet.

Blog adalah kependekan dari "Web Blog" yaitu sebuah aplikasi - aplikasi web yang berupa tulisan (Post).wikipedia.org

Terdapat dua layanan blog yang sangat terkenal di dunia yaitu Blogger dan Wordpress. Nah kali ini saya akan membahas Cara Membuat Blog Di Wordpress

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di Blogger 

Cara Membuat Blog Di Wordpress
www.forms.com
Ada beberapa alasan mengapa saya membuat postingan Cara Membuat Blog Di Wordpress meski sebenarnya kita sedang digempur dengan teknologi yang canggih. namun masyarkat belum sepenuhnya 'melek' terhadap teknologi. termasuk dalam urusan pemanfaatan blog.

nah kemudian kenapa yang harus dibahas terlebih dahulu tata cara membuat blog di wordpress bukan di yang lain. karena saya kira ngeblog di wordpress lebih mudah dan simpel.

Mari kita simak Cara Membuat Blog Di Wordpress.

Membuat Akun Wordpress

Hal yang paling mendasar untuk memulai ngeblog adalah membuat akun. karena kalo belum punya akun berarti belum bisa memulai ngeblog.

Berhubung judulnya juga cara membuat blog di wordpress maka yang dilakukan adalah membuat akun Wordpress. dan perlu sahabat ketahui bahwa Wordpress (WP) Blog Engine dan sekaligus merupakan Content Management System (CMS) berbasis open source yang dapat digunakan secara instant dan gratis.


sebagai salah satu blog engine Wordpress memiliki domain yaitu www.wordpress.com. yang nantinya jika sahabat membuat blog disini maka nama blog sahabat kurang lebih akan seperti ini www.namablog.wordpress.com.

Sedangkan untuk CMS domainnya www.wordpress.org ada beberapa perbedaan Wordpress sebagai blog engine dan Wordpress sebagai CMS. perbedaannya yaitu, jika Wordpress sebagai sebuah blog engine mudah dan instant dalam penggunaanya tinggal kunjungi domainnya kemudian daftarkan blog sahabat.

Sedangkan untuk Worpress sebagai CMS Content Management System harus di download terlebih dahulu di www.wordpress.org. kemudian setelah itu di install di komputer sahabat.


Sebelum sahabat bisa ngeblog Wordpress sahabat memerlukan akun Wordpress terlebih dahulu. akun tersebut nantinya yang akan dijadikan sebagai login ke blog engine Wordpress.

Untuk membuat sebuah akun di Wordpress yang perlu sahabat lakukan adalah sebagai berikut:

Masuk Ke Alamat Wordpress

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat akun blog di wordpress yaitu ketikan alamat www.wordpress.com di browser yang sahabat miliki. jika koneksi lancar dan berjalan dengan baik maka akan muncul seperti halaman berikut.

cara membuat blog i wordpress

Klik Get Started pada halaman Wordpress

Setelah muncul halaman seperti pada gambar sebelumnya, sahabat tinggal klik get started untuk memulai membuat akun di wordpress makan akan muncul form pada halaman wordpress selanjutnya yang harus diisi.

cara membuat blog di wordpress
Gambar di atas merupakan form isian yang harus di isi mulai dari nama blog wordpress sahabat jenis blog atau kategori blog sampai tujuan pembuatan blog. apabila form telah di isi maka sahabat tinggal klik Continue untuk masuk ke proses selanjutnya.

cara membuat blog di wordpress


langkah selanjutnya lihat pada gambar di atas isi kolom dengan nama blog sahabat inginkan, maka akan muncul sugget atau rekomdasi. pilih dengan domain wordpress paling atas untuk gratis. setelah klik select maka akan muncul seperti gambar dibawah.

cara membuat blog di wordpress

klik start with personal untuk mendapatkan gratis.



cara membuat blog di wordpress


Proses selanjutnya pada taham membuat blog di wordpress ialah membuat akun seperti contoh di atas. setelah diisi maka klik Continue melanjutkan.

nah apabila sahabat masuk ke halaman seperti di bawah makan selamat sahabat telah berhasil membuat blog dengan wordpress.
cara membuat blog di wordpress

Nah itu dia Cara Membuat Blog Di Wordpress. semoga dapat membantu sahabat. terimakasih.

No comments